Assalamu`alaikum

Assalamu`alaikum
"Tuhan, aku sadar hidup hanyalah perjalanan sementara, maka izinkanlah aku mengisi waktu yang sementara ini dengan kebaikan & kebahagiaan cinta kasih yang Kau Ridhai. Dan kembali pada Mu dengan segala keberkahan"

Sabtu, 09 Maret 2013

Filosofi Warna Kehidupan

Di atas ada sebuah  gambar halaman  putih yang terdapat satu titik hitam. Apa yang anda fikirkan ? jika di sesuaikan dengan pepatah bisa sesuai dengan  pepatah yang berbunyi “karena nila setitik rusak susu sebelanga” atau pepatah-pepatah yang lain. Dan jika kita lihat dari sudut padang ke arah  penilaian terhadap seseorang, menjadi hal yang tidak jauh berbeda.
          Anggap satu kertas putih itu seseorang, dan titik hitam menjadi satu kesalahan yang diperbuatnya atau kekurangan yang dia miliki, secara tidak langsung yang menarik perhatian kita pastilah titik hitam tersebut, kita  lebih sering menilai seseorang  dengan satu sudut pandang, terutama pada kesalahan, dari keseluruhan bagian putih yang ada tapi tetap hanya titik hitam yang sangat kita perhatikan tanpa melihat bagitu banyak bagian putih yang berisi kebaikan. Tidak mudah di hindari, pada dasarnya sikap manusia di penuhi dengan ego, maka sangat mudah mencari kesalahan orang lain, dan enggan mencari keburukan diri sendiri, apalagi mengevaluasi untuk merevisi kepribadian masing-masing. Kita sudah menetapkan, bahwasanya salah satu hal yang paling mudah dilakukan adalah mencari-cari kesalahan orang lain.  Begitulah adanya hal yang mendominasi dalam kehidupan manusia. Anda berfikir bagaimana ? itu tergantung bagaimana anda membentuk pola fikir anda, tapi cukup kita tau bahwa kecerdasan yang nyata ketika kita mampu menganalisa setiap hal yang terjadi pada diri kita atau pada orang lain dan kita mampu mengambil sebuah pelajaran yang bermanfaat untuk diri kita sendiri dari kekurangan, kesalahan, atau kebaikan dan kelebihan yang kita temui dari sebuah kondisi.
            Sekarang kita lihat gambar tersebut sebagai filosofi kehidupan, jika kertas putih menjadi kehidupan dan titik hitam sebagai suatu kesedihan ataupun masalah, kebanyakan dari kita tetap berfokus pada satu kesedihan itu, sepertinya menjadi suatu hal yang sulit bagi kita untuk memandang keseluruhan dalam hidup kita.  Terkadang kita lupa untuk berfikir bahwa kita mampu berbuat banyak hal untuk mengisi ruang hidup yang masih putih atau juga kosong. Kita lupa bahwa banyak warna yang mampu kita ciptakan dalam kehidupan yang kita miliki.
Seperti gambar di bawah ini :


Gambar di atas hanya deskripsi yang menjelaskan suatu hal yang mampu manusia lakukan dalam hidupnya. Mungkin kita sering menikmati satu permasalahan atau satu kesedihan yang berlarut-larut, kita bahkan lupa bahwa kesedihan atau permasalah yang menjadi titik hitam dalam hidup kita hanya merupakan salah satu warna yang menghiasi kehidupan kita, tapi kita terlalu menikmati keberadaan satu titik itu, tanpa bergerak menciptakan warna-warna lain, kenyataanya kita mampu menciptakan warna merah yang membuat kita lebih berani & optimis, menciptakan wana biru yang membuat kita lebih santai dalam menikmati hidup, menciptakan wana hijau yang membawa kita dalam ketenangan, menciptakan warna kuning yang membuat hidup kita lebih ceria, dan yang terlalu sering kita lupakan, bahwa kita semua mempunyai banyak ruang kehidupan yang didasari warna putih, yang memberi kita kesempatan dalam setiap hal yang akan kita lakukan untuk mewarnai hidup kita. Semua  berawal dari kita sendiri sebanyak mana warna-warni kehidupan yang mampu kita  kumpulkan, dan Tuhan yang menghendaki keseluruhan jalannya.
            Hal utama yang perlu kita tau, bahwa Tuhan memberikan kita kesempatan dalam mengisi cerita hidup kita sendiri, hitam tidak akan membunuh semua warna yang ada, karena keberadaan hitam kita mampu melihat putih, kita bisa marasakan merah, memandang biru, kita bisa menikmati hijau, kuning dan warna-warna yang lain. Seperti hal nya kesedihan dan masalah dalam kehidupan, tidaklah sebuah masalah yang hadir akan membunuh semua jalan hidup kita, karena dari kesulitan lah kita bisa belajar, karena ada kesulitan kita bisa merasakan kemudahan, karena kesedihan kita mengenal kebahagiaan, tangisan dengan tawa, dan semua itu menjadi hal yang pasti akan kita temui dalam perjalanan hidup.

Maka warnai lah hidup mu dari apa yang kamu perbuat dan dari bagaimana kamu menerima segala kehendak Tuhan.


 ___________sekian___________

Created by : m.a sofyrah







Tidak ada komentar: